Micin Bikin Bodoh?? Mitos atau Fakta

Micin Bikin Bodoh?? Mitos atau Fakta

INDOFAJARBLOG - Kita yang tinggal dan besar di Indonesia pasti sering dengar kalau micin bikin bodoh. Saat enak-enak makan mie instan, ada saja yang nyeletuk kalau micin bikin bodoh. Padahal micin yang membuat tiap makanan terasa seperti surga itu adalah salah satu nikmat dunia yang hakiki. Tapi apakah micin benar-benar bikin bodoh? Yuk kita simak ulasannya.

Micin atau Monosodium Glutamat (MSG) adalah salah satu bahan aditif yang banyak terdapat dalam berbagai makanan di Indonesia. MSG secara kimia sebenarnya adalah gabungan antara senyawa sodium, seperti garam, dengan glutamat yang merupakan salah satu jenis senyawa penyusun protein dalam tubuh. Jadi, MSG bukan racun kimia melainkan bahan-bahan yang memang ada dan dibutuhkan dalam tubuh.

Meski dibutuhkan, MSG sebagai bahan aditif dalam makanan sebenarnya tidak diperlukan, karena tubuh dapat memproduksi glutamat sendiri dalam tubuh. Dan MSG, secara alami sudah hadir di berbagai makanan yang kita konsumsi, seperti daging-dagingan dan kacang-kacangan. Tanpa tambahan MSG, kebutuhan kita akan MSG sebenarnya sudah dapat tercukupi secara alami.

Lalu, apakah konsumsi MSG sebagai bahan aditif berbahaya bagi kesehatan? Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh seorang ahli saraf bernama John Olney, MSG memang dapat menimbulkan kerusakan pada otak jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun eksperimen Olney ini cukup ekstrim dan tidak realistis. Olney menyuntikkan MSG dalam dosis tinggi setiap hari secara langsung ke tikus-tikus percobaannya sejak tikus tersebut masih bayi. Ketika dewasa, tikus-tikus tersebut menunjukkan gejala-gejala kerusakan otak, obesitas, kemandulan, dan pertumbuhan yang terhambat.

Micin Bikin Bodoh?? Mitos atau Fakta
Sedangkan manusia rata-rata mengonsumsi MSG tambahan hanya sekitar 3-4 gram perhari, jauh dibawah dosis yang diberikan Olney dalam percobaannya. Selain itu, manusia memakan MSG alih-alih menyuntikkannya langsung dalam tubuh. Dan MSG sebenarnya akan terserap dan diolah di usus halus hingga menjadi energi yang digunakan untuk beroperasinya usus. Jika kadar MSG dalam tubuh terlalu banyak, maka MSG akan dikeluarkan kembali lewat urin sehingga tidak menumpuk dalam tubuh.


Berdasarkan alasan di atas, maka konsumsi MSG sebenarnya tidak berbahaya asalkan tidak berlebihan. Food and Drugs Administration di Amerika Serikat telah menyatakan MSG aman untuk dikonsumsi secara umum, meski beberapa orang memang memiliki sensitivitas berlebih terhadap MSG. Namun dalam banyak kasus, hipersensitivitas terhadap MSG dapat hilang dengan sendirinya tanpa penanganan khusus dari dokter. Dan tidak pernah ada kasus empiris manusia yang menjadi bodoh akibat MSG. 

Namun perlu diingat pula bahwa memang konsumsi berlebihan yang sangat ekstrem dapat menyebabkan kerusakan otak. Jadi, agan/sis masih boleh kok makan mie instan atau makanan surgawi ber-MSG lainnya. Tapi, tetap jangan berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. OK?

Sumber: yukepo.com

25 Responses to "Micin Bikin Bodoh?? Mitos atau Fakta"

  1. wkwkw sering sekali ane mendengr istilah ini XD

    ReplyDelete
  2. setelah melihat postingan ini saya jadi mengerti gan hehehe...

    ReplyDelete
  3. Yah, banyak yang kayak gitu karena kebanyakan msg gan...

    ReplyDelete
  4. sekarang jadi mengerti gan. terimakasih. :)

    ReplyDelete
  5. Wahh baruu tau ternyata diperbolehkan yaa duhh berarti ane udah kemakan omongan orang lain nihh 😐

    ReplyDelete
  6. Ane dr kecil smpw skrng tetep di bilangin sm ibu ane kalau micin bkin bodoh. Wkwkwkw setelah baca ini.. ternyata...

    ReplyDelete
  7. ko beda dari yang pernah ane denger gan . makasih infonya

    ReplyDelete
  8. mkasih infonya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. memang semua yang melebihi batas dosisi berbahaya, tapi karena hal itu jadi banyak orang berbicara negatif. nice info

    ReplyDelete
  10. Emang semua itu cuma mitos gan, msg itu gak bikin bodoh, kalo malas itu lagi bikin bodoh

    ReplyDelete
  11. Mantap gan informasinya, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  12. Kayaknya sih mitos gan, tergantung diri sendiri aja mau terlihat pinter atau bodoh..

    ReplyDelete
  13. Thanks infonya,, berkat postingan ini, saya jadi tau :d

    ReplyDelete
  14. Mantapp nihh boleh makan mie instan lagi hihi

    ReplyDelete
  15. Dampaknya itu ingatan kita mudah lupa, maka dari itu jangan sering makan mie ayam karena banyak mecinnya

    ReplyDelete
  16. waduh ane generasi mecin gan heheheh

    ReplyDelete
  17. micin dipake ibu kau sehari hari, tentunya dengan kadar sedikit, artinya itu hanya mitos.. eh sekedar saran yah adsense yang melayang di samping itu melangar tos lho..
    pengalaman pribadi bunda dulu kena banned dan di cancel pembayarannya

    ReplyDelete
  18. ok banget ini gan thanks infonya ..

    ReplyDelete
  19. wahh sipp gan, saya kebetulan lumayan sering makan makanan bermicin wkwkwk harus banyak2 ngurangin juga nih :D makasih infonya

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan jejak setelah membaca