7 Fitur HP Ini Mulai Dilupakan Penggunanya

7 Fitur HP Ini Mulai Dilupakan Penggunanya
INDOFAJARBLOG - Perkembangan perangkat mobile khususnya handphone emang udah berkembang pesat banget. Masih inget ngga sih, waktu kamu punya hape dengan desain Flip, ada Radio FM, pake Trackball dan masih banyak lagi fitur-fitur yang udah digerus jaman?

Nah, di artikel kali ini, saya mau ngingetin kamu fitur-fitur handphone apa aja yang dulu pernah ngehits tapi sekarang udah dilupain. Langsung cek aja ya guys!

1. Slide Keyboard

7 Fitur HP Ini Mulai Dilupakan Penggunanya

Sebelum eranya hp dengan layar touchscreen, hp-hp mahal didominasi sama desain slide buat munculin keyboard QWERTY. Malahan, pas awal-awal hape Android dirilis, beberapa produsen juga masih ngegunain fitur keyboard geser ini, macem HTC Dream.

Sayangnya, hape dengan fitur slide keyboard ini udah ditinggalin sama produsen smartphone karna keenggak praktisannya. Salah satu produsen smartphone yang masih pake fitur ini adalah BlackBerry yang ngebenamin slide keyboard di hape flagship-nya, yaitu BlackBerry Priv dengan OS Android. Tapi ya gitu, ngga laku deh.

2. Infrared

7 Fitur HP Ini Mulai Dilupakan Penggunanya
Masih inget ngga jaman-jamannya kamu ngirim lagu dari hape temenmu ke hape kamu dengan cara nempelin sensor infrared di hape kamu dan temenmu? Selain itu, fitur ini juga bisa digunain buat ngendaliin beberapa perangkat elektronik, macem TV, DVD player, dan lainnya.

Karna perkembangan jaman dan digerus sama fitur Bluetooth, akhirnya banyak produsen yang ninggalin fitur ini. Tapi, Xiaomi tetep percaya kalo fitur infrared masih bermanfaat dan benamin fitur ini di hape-hapenya. Makanya, ngga heran kalo TV dan AC di tempat nongkrong kamu bisa berubah-rubah, pasti kerjaannya Xiaomi user tuh.

3. Flip Phone

7 Fitur HP Ini Mulai Dilupakan Penggunanya

Kalo di jaman dulu mau keliatan keren, kamu kudu punya hape dengan desain flip dulu guys. Kalo ada telpon atau SMS, pasti jadi ajang gegayaan kamu pas ngebuka hape kamu kan?

Jaman sekarang, hape dengan desain flip udah jarang banget kita temuin, khususnya di Indonesia. Tapi tau ngga sih, ternyata hape dengan desain flip ini masih banyak digunain di negara Jepang dan Korea Selatan. Malahan, Samsung sempet ngerilis hape berdesain flip dengan OS Android buat pasar Jepang dan Korea Selatan.

4. Radio FM dan TV Tuner

7 Fitur HP Ini Mulai Dilupakan Penggunanya

Eranya radio sama TV menurut mamang udah mulai redup dengan kehadiran layanan musik streaming dan YouTube. Makanya, produsen hape udah mulai ngilangin fitur ini, padahal dulu fitur ini jadi salah satu pertimbangan kamu beli hape yang ada fitur radio FM dan TV tuner-nya.

Buat yang belom tau, dulu Samsung masih ngeluarin fitur radio FM di hape premiumnya. Tapi setelah Galaxy S3 yaitu sekitar tahun 2012, fitur ini akhirnya diilangin. Cuma Sony dan Huawei aja nih yang masih bertahan ngeluarin hape dengan fitur radio FM.

5. Trackball

7 Fitur HP Ini Mulai Dilupakan Penggunanya

Hape trackball dan trackpad dulu sempet jadi primadona sebelum era hape touchscreen muncul. Buktinya, hape-hape BlackBerry atau yang biasa dipanggil BB sempet ngehits banget di Indonesia. Malahan lucunya, BlackBerry sempet ngeluarin hape dengan layar touchscreen dan masih ngebenamin trackpad di hapenya.

Sayang, semua berubah setelah hape dengan touchscreen menyerang.

6. Proyektor

7 Fitur HP Ini Mulai Dilupakan Penggunanya
Mungkin masih banyak yang ngga tau kalo hape-hape mahal dulu sempet punya proyektor terintegrasi, kayak di hape Galaxy Beam dan LG Expo. Sayangnya, walaupun menurut saya fitur ini kece banget, tapi proyektor di hp gagal naik daun.

Sekarang giliran Motorola yang nyoba peruntungan nempelin proyektor di hape Moto Z, yaaa walau dalam bentuk perangkat tambahan alias add-on yang mereka sebut Mods sih.

7. Web OS

7 Fitur HP Ini Mulai Dilupakan Penggunanya

Ada yang tau sama Palm? Berarti kamu gadget freak yang udah lumayan tua nih! Palm adalah produsen Personal Digital Assistant alias PDA dan sempet ngerilis sistem operasi yang mereka sebut Web OS. Kalo menurut mamang, sistem operasi mobile ini punya desain dengan kualitas yang kece dan inovatif lho!

Sayangnya, sistem operasi ini masih kalah saing sama Android dan iOS yang lebih fleksibel. Akhirnya Web OS ‘dilempar-lempar’ ke beberapa perusahaan, macem HP, LG, dan sempet jadi sistem operasi smart TV juga.

Sumber: manggadget.com

24 Responses to "7 Fitur HP Ini Mulai Dilupakan Penggunanya"

  1. widih, keren gan. baru tau ane kalau ada proyektor di HP,,haha

    Thanks gan buat infonya.

    ReplyDelete
  2. hahah bener sekali, itulah efek kemajuan jaman

    ReplyDelete
  3. true gan, gila udah pesat banget perkembangan jaman sekarang

    ReplyDelete
  4. Haha msih inget dulu hp yg ada radionya hp paling canggih

    ReplyDelete
    Replies
    1. canggihan yang ada senternya gan.. hahahaha

      Delete
  5. jadi keinget hp ane dulu gan hehe, artikelnya bermanfaat min

    ReplyDelete
  6. Dulu merasa paling keren kalo udah punya hp yang pake slide keyboard. Sekarang mah hp layar semua haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw betul gan... semua berubah setelah smartphone menyerang

      Delete
  7. itu hp gua dulu mas,, keren banget infonya,, hp sekarang mah sudah pada modern

    ReplyDelete
  8. Apa cuma gue,yg masih demen dengerin radio dari HP

    ReplyDelete
  9. Haha bner nih, saya jga dlu pngen bnget pnya hp yg ad tvnya.. nice info gan

    ReplyDelete
  10. Keren juga gan ternyata walau masih Hp lama :D

    ReplyDelete
  11. Njayy ane baru tau malah ada hp jadul yg ada proyektornya kalo masih ada ane pengen beli lahh

    ReplyDelete
  12. yang slide keyboard sekarang dah ilang wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Hape ane ada membuat nostalgia ajaa nih

    ReplyDelete
  14. Udah gak pernah nemu yang begituan. hahaha.

    ReplyDelete
  15. Kerennn baru tauu ada proyektor buat hp 😂

    ReplyDelete
  16. keren gan artikelnya..jadi inget masa lalu

    ReplyDelete
  17. wah nostalgia ini mah gan, nice info

    ReplyDelete
  18. hahaha bener bgt hp lama , ingat banget ngirim gambar pakai infrared, ada yg bilang pakai infrared kenak penyakit

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan jejak setelah membaca