Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia

Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia

INDOFAJARBLOG - Ada sebuah cabang ilmu tidak resmi yang bernama Cryptozoologi dimana cabang ilmu ini berkaitan dengan pencarian bukti-bukti ilmiah tentang keberadaan hewan-hewan yang dianggap legendaris dan selama ini hanya diketahui sebagai mitos. Bagi sebagian ilmuwan, Cryptozoologi hanyalah "lucu-lucuan" dalam ilmu modern. Walau begitu, ternyata memang ada beberapa ilmuwan yang serius dalam mendalami bidang keilmuan ini.

Contoh-contoh hewan yang selama ini diperdebatkan tentang keeksistensiannya seperti naga, putri duyung, yeti, nessie dan masih banyak lagi diseluruh dunia. Tidak ada bukti fisik selama ini yang ditemui, tapi berita tentang penampakan hewan-hewan tersebut ada disebutkan disetiap belahan dunia, oleh orang-orang yang yang berjauhan dan berbeda zaman.

Apakah mungkin orang-orang zama dahulu sepakat untuk mengarang suatu dongeng? Atau jangan-jangan mereka memang melihat makhluk yang sama dan kemudian mereka ceritakan kepada anak cucu mereka?

Wallahu a'lam...

Dibawah ini adalah makhluk-makhluk cryptid (makhluk yang digolongkan dalam cryptozoologi) yang terkenal diseluruh dunia. Keberadaannya memang masih misterius. Benarkah mereka ada masih menjadi sebuah pertanyaan.

1. Unicorn


Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia
Bedakan antara Unicorn dan Pegassus. Unicorn adalah kuda putih dengan tanduk tunggal dikepalanya sedangkan Pegassus adalah kuda putih keemasan dengan sayap. Nah Unicorn ini bisa jadi salah satu makhluk cryptid terfavorit bagi banyak orang dengan warnanya yang putih dan gagahnya postur tubuhnya. Terlihat sangat elegan bukan?

Tapi bagaimana dengan keberadaannya? Benarkah hewan anggun ini pernah menjejakkan kakinya dimuka bumi?

Well, banyak kisah dari zaman dahulu tentang kemunculan Unicorn tapi kabar keberadaan makhluk ini pertama kali muncul pada zaman Kebudayaan India Kuno. Gambar Unicorn ditemukan pada stempel yang berumur 2.500 tahun.

Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia

Nah menurut sahabat, gambar Unicorn yang muncul pertama kali ini lebih terlihat seperti penggambaran Unicorn zaman modern sekarang yang kita kenal atau lebih terlihat seperti...

Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia

Yups seekor badak. Hehe ga nyangka kan? Mungkin badak adalah Unicorn yang terkena obesitas.

2. Kraken


Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia

Kraken adalah monster air yang terlihat seperti gurita atau cumi-cumi. Makhluk ini dalam legendanya digambarkan berukuran sangat besar, sering menyerang kapal dan menariknya kedalam laut dengan tentakelnya. Ukuran makhluk ini disebutkan bermacam-macam, ada yang menyebutkan puluhan meter, ada pula yang menyebutkan bahwa ukurannya sebesar gunung atau pulau, yang pasti cukup besar untuk menarik sebuah kapal kedalam lautan. Salah satu hewan cryptid yang populer karena sahabat bisa menemukannya dalam game atau film yang beredar sekarang ini.

Penampakan monster ini sudah ada sejak abad pertengahan dengan banyaknya cerita nelayan dan penjelajah yang kapalnya hancur akibat diserang oleh Kraken. Banyak pula lukisan-lukisan yang menggambarkan sebuah kapal yang digulung kelaut oleh Kraken dibuat pada zaman itu.

Uniknya adalah ada kemungkinan monster ini benar-benar nyata. Bahkan Carolus Linnaeus (Bapak Taksonomi Modern) mengklasifikasikan Kraken termasuk didalam golongan Chepalopoda.

Apakah Kraken benar-benar ada? Jawabannya kemungkinan besar iya, tapi mungkin ukurannya tidak sebesar yang disebutkan oleh orang-orang zaman dulu. Ada hewan yang mungkin memicu munculnya legenda monster ini, yaitu Giant Squid, Colossal Squid dan Giant Octopus.

Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia

Perbedaan ukuran Giant Squid dengan Colossal Squid yang terus menerus tumbuh.



Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia
Bangkai Giant Octopus yang ditemukan dilepas pantai pada tahun 1896.

Bagaimana sahabat? Kraken mungkin saja ada tapi kisah Kraken berukuran raksasa yang kerap menenggelamkan kapal, mungkin adalah kisah yang dibesar-besarkan saja.

3. Dragon


Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia

Dragon atau naga adalah hewan mitologi yang paling populer. Penggambarannya pun bermacam-macam, akan tetapi secara umum naga dibedakan menjadi 2, Naga Barat yang terlihat seperti kadal bersayap dan Naga China yang terlihat seperti ular berkaki.

Hampir disetiap kebudayaan didunia terdapat kisah tentang naga, bahkan Banjar, tempat asalku, terdapat juga legendanya. Bagaimana kita menjelaskan ketika penampakan zaman dahulu telah berulang kali melaporkan kemunculannya? Atau jangan-jangan, naga sendiri adalah hewan yang nyata?

Sampai saat ini, dengan tidak adanya bukti fisik, seperti bangkai atau tulang, maka naga masih ditetapkan sebagai cryptid dan hanya eksis dalam dunia mitologi.

Untuk membahasnya lebih lanjut, mari kita lebih berfokus kepada Naga China karena kemunculannya telah ada sejak zaman kuno.

Dalam mitologi China, naga sangat erat kaitannya dengan angka 9. Bahkan karakteristik naga digambarkan berasal dari gabungan 9 karakteristik. Adapun karaktersitik itu adalah :
1. Kepala seperti unta
2. Sisik seperti ikan
3. Tanduk seperti rusa
4. Mata seperti siluman
5. Telinga seperti lembu
6. Leher seperti ular
7. Perut seperti tiram
8. Telapak kaki seperti singa
9. Cakar seperti rajawali

Nah dari karakteristik tersebut apakah dalam pikiran sahabat, naga akan terlihat seperti....
Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia
Atau seberapa banyak dari sahabat kalau 9 karakteristik naga itu juga bisa terlihat seperti...
Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia

Hehe memang terlihat seperti dipaksakan, apalagi karakteristik no 2, 8 dan 9 tidak terdapat sama sekali pada jerapah. Akan tetapi tahukah sahabat bahwa salah identifikasi seringkali menjadi awal dari sebuah legenda. Contohnya adalah legenda manusia setengah kuda, Centaurus. Sejarah mencatat bahwa Kaum Nomad yang menunggang kuda ketika berperang menjadi awal cerita Centaurus. Para musuh yang baru pertama kali berhadapan dengan pasukan penunggang kuda melihatnya seperti manusia setengah kuda.

Nah bisa saja kisah naga adalah kisah kesalahan identifikasi. Banyak hewan modern yang terlihat seperti naga, contohnya seperti komodo, kadal terbang, bahkan buaya pun bisa salah teridentifikasi seperti penggambaran naga.

Jadi, naga benar-benar nyata atau tidak?
Dengan banyaknya laporan penampakan zaman dahulu tapi dibarengi dengan tidak adanya bukti fisik, maka jawabannya... entahlah.

4. Mermaid

Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia
OMG.... my eyes...

Makhluk setengah ikan-setengah perempuan cantik ini pasti sering kita dengar dalam cerita dongeng. Kisah putri duyung yang menyelamatkan pangeran tenggelam, berkenalan, jatuh cinta, kemudian menikah dan hidup bahagia selamanya.

Sayangnya dalam mitologi aslinya ternyata mermaid atau putri duyung adalah simbol dari malapetaka. Itu dikarenakan si putri duyung ini suka nyanyi dimana nyanyiannya sering melenakan orang-orang yang mendengarnya. Maka tak jarang, kapal-kapal tenggelam karena sang nakhoda terbius oleh suara merdu putri duyung.

Nah kemunculan dari sosok cantik ditengah lautan ini bahkan bisa kita lacak dari literatur berumur 2.000 tahun yang lalu. Kisahnya ada disetiap peradaban, lengkap dengan kisah pilunya. Tapi dengan tidak adanya bukti, walaupun cuma foto, keberadaan makhluk ini dianggap mitos.

Para ilmuwan modern malah menganggap kasus penampakan mermaid adalah kasus salah identifikasi. Mereka menganggap para pelaut zaman dahulu salah melihat bahwa yang para pelaut lihat bukanlah sosok perempuan cantik setengah ikan, akan tetapi yang mereka lihat adalah hewan jenis Sirenian yang bernama dugong.

Ga tau dugong itu seperti apa? Nih fotonya...
Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia

What!!!?
Iya kita paham bahwa para pelaut zaman dahulu adalah orang yang suka mabuk-mabukkan. Mungkin saja ketika melihatnya saat itu mereka sedang mabuk. Tapi, semabuk-mabuknya orang masa ga bisa ngebedain antara putri duyung dengan dugong sih. Jauh beda kalee --'

5. Panda

Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia
Lho, lho...
Kenapa ada panda?
Bukankah panda itu nyata adanya dan bukan bagian dari makhluk mitologi?

Hehe...
Banyak yang tidak tau bahwa sosok imut hitam-putih ini baru ditemukan pada tahun 1869 silam. Dan sebelum dia ditemukan secara resmi, dia dikategorikan sebagai makhluk mitos yang hanya dapat ditemukan pada literatur-litelatur kuno di China!!!

Ya antara panda dengan unicorn, kraken, naga dan putri duyung mempunyai satu persamaan. Mereka hanya dikisahkan dalam literatur bangsa zaman dulu. Tak ada bukti fisik, tak ada bangkai. Hanya kesaksian dari orang-orang.

Tapi pada akhirnya seperti yang kita semua ketahui, panda bukanlah makhluk mitologi. Sekarang bisa kita lihat dimana-mana dan kita menganggapnya biasa. Keberadaannya tak lagi dianggap mitos.

Nah maksudnya adalah, karena tidak adanya bukti adanya unicorn, tidak pernah ditemuinya naga, apakah sudah pasti mereka tidak ada?

Walaupun para ilmuwan menganggapnya itu hanyalah salah identifikasi hewan, apakah kita bisa memastikannya demikian?

Entahlah...
Dunia ini tempat yang luas, terlalu luas bila hanya untuk manusia.
Mungkin ada binatang eksotis yang belum kita temukan, yang bersembunyi rapih dibelantara hutan.
Binatang unik yang menunggu untuk ditemukan.
Yang membuatnya tidak lagi dicap sebagai makhluk mitologi.

Sumber: kaskus.co.id

12 Responses to "Makhluk Mitologi Ini Ternyata Ada Di Dunia"

  1. Haha itu ngapain mermaid absurd nyelip, bikin konsen buyar aja 😂😂😂
    Btw bagus juga penjabarannya. Mungkin zaman dulu hewan tersebut berbeda dgn sekarang, sehingga kita mengiranya beda. Seperti unkcorn dan badak itu.

    ReplyDelete
  2. Nice gan info, post ini menambah ilmu pengetahuan saya gan.

    ReplyDelete
  3. wkwkwk ada mermaid, keren gan artikelnya

    ReplyDelete
  4. makasih min nambah " Ilmu dah

    ReplyDelete
  5. no 1 favorit ane gan :v tapi btw mermaid fotonya gitu amat :v

    ReplyDelete
  6. apa kebenarannya sudah terbukti 100 % gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum gan.. itu cuma opini atau imajinasi beberapa pihak

      Delete
  7. makluk mitologi ternyata beneran ada , saya baru tau

    http://www.maxisbola.com/NewIndex.aspx

    ReplyDelete
  8. No 1 dan 4 lucunya parah banget, masak unicorn obesitas? N itu duyung kok mirip pembokat gw. Wxwx haha

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan jejak setelah membaca