Penyebab Internet Menjadi Lambat

Penyebab Internet Menjadi Lambat



SAHABAT BLOGGERDalam hal dunia internet yang kita kenal, ada 2 macam pengertian, yaitu :
1. Pemberi / Upload / Uplink
Seperti halnya kaskus.com, mereka adalah sebuah situs informasi, dalam hal ini situs adalah sebuah pemberi/upload/uplink.

2. Penerima / Download / Downlink
Seperti halnya kita sedang melakukan browsing atau membuka situs kaskus.com, dalam hal ini kita sebagai subject adalah penerima/download/downlink.

Dalam rangkaian upload dan download tersebut terhubung berbagai macam alat seperti halnya kabel, converter, komputer, dll. Sedangkan paket data yang kita perlukan untuk melakukan internet diperlukan sebuah bandwith (lebar jalan). Dan penyedia bandwith kita kenal sebagai ISP (Internet Service Provider).
Di bawah ini contoh perjalanan internet dari komputer kita menuju ke kaskus.com:
Anda – ISP – Jaringan Nasional – Jaringan Internasional – Terminal – kaskus.com
Sebagaimana kita lihat perjalanan mulai titik komputer kita menuju ke situs kaskus.com, begitu banyak lintasan yang harus di lewati.
Lintasan tersebut belum tentu selama nya lancar, seperti halnya jalan dari yogyakarta ke bandung, ada kemacetan, kecelakaan, kendaraan mogok, jalan rusak, antrian di gerbang tol sehingga kita harus jalan pelan-pelan
Sama juga halnya dalam dunia internet kita mengenal adanya kemacetan data, antrian data, kerusakan data.
Disini akan dijelaskan beberapa macam faktor dari lambatnya internet:
1. QOS (Quality Of Service) adalah pembagian, prioritas dalam perjalanan data. Misal kita melakukan browsing dan streaming vidio, jelas yang diprioritaskan adalah streaming vidio, dan paket browsing harus mengalah. Bila QOS kita abaikan, maka kemacetan data dimana-mana akan terjadi dan yang pasti akan melambat.

2. Sharing bandwith adalah penempatan satu ruas atau lebih jalan untuk data, yang akan dilewati secara bersama-sama, bila hal ini terjadi maka paket data yang terbelih dulu lewat dan berkapasitas besar akan mendahului dan mengahabiskan jalan tersebut.
Sharing bandwith sering kita jumpai didalam warnet, misal ada 10 komputer dan mengakses secara bersama-sama untuk keperluan internet dan tidak ada pembagian bandwith, maka hal itu disebut sharing bandwith.

3. SPAM adalah sebuah paket data yang tidak kita inginkan, dan pada dasarnya tujuan SPAM adalah memenuhi bandwith yang kita punya, sebesar apapun jalan yang kita punya, SPAM akan selalu berusaha memenuhinya.

4. Kerusakan device/alat elektronik yang kita punya, misal LANCARD / SWITH / HUB / KABEL UTP, alat-alat tersebut adalah rangkaian dari sebuah jaringan local atau internet, bila salah satu saja mengalami kerusakan, maka paket data yang harusnya melintas lancar akan mengalami kerusakan sampai tujuan.

5. Backbone adalah lintasan / jalur utama untuk menuju pemberhentian berikutnya, untuk hal ini berbagai macam perangkat yg dapat digunakan untuk backbone, kita ambil contoh fiber optic dan vsat. Dua alat ini banyak dipakai oleh ISP, dan kita tau bila mana sebuah ISP mempergunakan VSAT sebagai backbone maka ISP yang memakai Fiber Opticnya yang akan lebih cepat tranfer data. Vsat bisa sampai 500-700ms, sedangkan Fiber Optic 3ms – 27ms.

6. Uplink bermasalah, kita sudah mengenal arti dari uplink (tempat pemberi). Bila mana kita membuka kaskus.com, dan pada saat itu kaskus.com sedang mengalami gangguan, maka dari tempat kita akan susah membuka kaskus.com walau bandwith downlink kita sebesar danau toba.

Siapa yang harus disalahkan jika internet menjadi lambat ?

Dalam hal ini dari pemilik komputer pribadi hingga ke tingkat ISP harus sadar untuk saling menjaga hal-hal seperti 6 permasalahan diatas.


4 Responses to "Penyebab Internet Menjadi Lambat"

  1. nambah pengetahuan nih sob..
    comment back ya..

    http://dedy-suna.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. betul sekali apa yang agan sampaikan trimakasih buat admin SAHABAT BLOGGER

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan jejak setelah membaca