Dampak Mematikan Komputer Tidak Sesuai Prosedur

SAHABAT BLOGGER - Dampak mematikan komputer dengan metode yang tidak sesuai prosedur pada umumnya bisa dibedakan dalam dua hal, yaitu "tidak shutdown" dan "drop listrik".
Dampak/kerusakan yang bisa terjadi seringnya adalah karena "tidak shutdown". Disini penyebabnya adalah, aplikasi atau OS dari komputer sedang melaksanakan proses tulis/hapus namun tidak sempurna. Pada pertengahan proses, komputer tiba-tiba dimatikan, maka proses penulisan/penghapusan gagal, dan hasilnya file-file di harddisk bisa menjadi corrupt. Dan dampaknya, file-file bisa rusak atau hilang, dan bisa jadi aplikasi atau OS menjadi rusak sehingga harus kita install ulang.

Kalau mematikan komputer secara paksa dengan cara mencabut/memutuskan listrik, secara fisik sebenarnya tidak ada pengaruh terhadap kelistrikan komputer. Dampak yang mungkin terjadi adalah Hard Disk belum sempat dikunci 'head' nya, dan bila komputer digerakkan maka 'head' Hard Disk bisa membentur ke lempeng data, dan merusak hard disk. Tapi kerusakan ini hanya terjadi apabila Hard Disk di goyang-goyang, dan bahkan untuk Hard Disk terbitan baru, sistem penguncian 'head' nya dilakukan secara mekanik (dengan pegas) sehingga saat listrik matipun si head akan tetap terkunci. Jadi, bisa dibilang bahwa melakukan drop listrik (misalnya dengan mencabut stop kontak, atau terjadi mati listrik) tidak akan mempengaruhi kelistrikan komputernya.

Yang dapat merusak komputer adalah lonjakan listrik (power surge) yang kadang terjadi sebelum dan sesudah terjadinya mati lampu. Bila mati lampu disebabkan oleh arus pendek, maka lonjakan listrik yang cukup tinggi bisa terjadi sebelum sekring listrik drop untuk mematikan listriknya. Juga pada kondisi sedang mati listrik, saat listrik menyala kembali bisa terjadi lonjakan listrik yang cukup besar juga karena arus listrik 'menyerbu' masuk. Terjadinya lonjakan listrik tersebut bisa membakar komponen PSU dan bahkan merambat ke Motherboard komputer.

Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan Stabilizer agar lonjakan listrik bisa di filter sebelum masuk dan merusak komputer. Khusus untuk Notebook/Laptop, karena listrik berasal dari Adaptor dan Baterai, maka lonjakan listrik tidak akan langsung masuk ke dalam Laptop, tapi akan diterima oleh Adaptor/Charger tersebut. Apabila Adaptor nya cukup baik, maka lonjakan listrik akan otomatis di saring. Apabila gagal di saring, maka yang rusak adalah Adaptornya, bukan Laptopnya.

2 Responses to "Dampak Mematikan Komputer Tidak Sesuai Prosedur"

  1. makasih gan. Enakna dibeliin UPS ya. xixixixi

    Saya 2x berkunjung dan lagi-lagi meninggalkan jejak komentar gan. Sudah praktek mantap cara merawat rambut rusak

    ReplyDelete
  2. OFFICIAL PARTNER RESMI FIFA WORLD CUP 2018 RUSSIA!
    Ayo segera bergabung bersama kami dan Dukung Negara Jagoan kamu hanya di BOLAVITA
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub CS kami :
    wechat : bolavita
    whatup : 6281377055002
    BBM: D1A1E6DF(NEW)

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan jejak setelah membaca