Hal-Hal Yang Harus Dihindari Seorang Blogger

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Seorang Blogger

INDOFAJARBLOG - Bebas berkreasi namun ada juga batasannya yaitu blogging. Dalam istilah ngeblog (sebagai seorang blogger) kita dibebaskan untuk menari, menyanyi, joget dan menulis diinternet. Namun apakah anda tahu aturan dalam dunia internet terutama aturan saat menjalankan blog atau website. Jangan kita kira dunia internet yang kita kenal ini tidak mempunyai undang-undang. Semua ada batasan yang harus anda terapkan agar blog atau website anda aman dari kata buruk dan parahnya kena pinalti dari mesin pencari (google, bing, yahoo), ini hal yang fatal sekali.

Dibawah ini beberapa hal yang harus dihindari sebagai seorang blogger (pemula):

1. Hindari Artikel Copy Paste

Sebenarnya copy artikel dari blog/situs lain tidak ada salahnya. Cuma dalam etika dunia blogging jikalau copas dari blog lain selayaknya menuliskan sumber artikel tersebut. Isitlahnya sebagai penghargaan dari pembuat artikel karena kita sudah memplublikasikannya di blog kita. Tetapi, apakah isi blog kita hanya banyak berisi artikel copas. Kalau ini yang ada blog kita, maka blog kita tidak akan berkembang, karena hanya meneruskan informasi-informasi orang lain. Blog kita tidak menjadi unik. Karena itu blog sendiri sebaiknya harus banyak berisi tulisan-tulisan sendiri. Kalau pun ada Copas dari blog/situs lain cukup yang berisi info/berita, boleh juga artikel tetapi tidak terlalu banyak.

2. Tidak Peduli Komentar Pengunjung

Pengunjung merupakan salah satu hal yang sangat berharga bagi seorang blogger karena keberhasilan seorang blogger bisa dilihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke Blog mereka. Karena itu setiap pertanyaan pengunjung (komentar) harus segera ditindaklanjuti, jangan dibiarkan saja.  Karena bila suatu saat dia berkunjung lagi di blog kita, maka dia sudah menemukan jawabannya dan merasa diperdulikan. 

3. Jangan Terlalu Mengejar Uang dari Blog

Biasanya hal ini dilakukan oleh pemula yang belum ngerti tentang blog yang hanya mendengar kalau blog bisa mendapatkan uang. Memang uang dari blog menjanjikan namun bukan berarti kalau ngeblog berniat untuk mencari uang. Kalau memang website atau blog anda dibidang bisnis tidak jadi masalah karena tentu akan menelan biaya yang tidak sedikit untuk menjalankan blog anda. Namun yang kami bahas adalah blog dengan layanan gratisan. Sudah gratis malah mengejar uang. Pffftt..... apa hal ini pantas untuk mengejar uang dari blog. Kita harus berfikir jauh. Kalau blog kita sukses uang akan datang sendiri jangan sampai ngotot untuk terus dikejar.

4. Hindari Pemasangan Widget yang Tidak Perlu

Hal yang harus anda hindari yang lain adalah penggunaan widget-widget yang tidak ada sangkut paut dengan blog anda. Hal ini akan memperlambat blog anda dan dampaknya loading blog akan berat dan otomatis pengunjung akan jengkel karena blog anda berat saat dimuat.
Mempercepat loading blog sangat diperlukan sekali selain ramah dengan pengunjung, robot bot juga suka dengan hal ini. Jadi ketika blog anda diupdate robot bot akan crawling habis blog anda dengan cepat dan akhirnya blog akan terindex lebih cepat pula.

Nah... Itulah beberapa hal yang perlu dihindari sebagai seorang blogger. Sekian dari saya semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

3 Responses to "Hal-Hal Yang Harus Dihindari Seorang Blogger"

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan jejak setelah membaca