Tips Mencari/Searching dengan Benar di Google Search

Tips Mencari/Searching dengan Benar di Google Search
Ketenaran Google sebagai mesin pencari informasi tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Di dunia maya istilah Googling atau mencari informasi melalui Google sudah menjadi kata yang sangat lazim dipakai. Sementara itu sebagai sebuah OS buatan Google, wajar bila Android menggunakan Google sebagai mesin andalan dalam melakukan pencarian seluruh informasi yang dibutuhkan pengguna.

Meski mencari informasi dari Google memang sangat mudah cukup dengan mengetikkan beberapa kata kunci yang ingin dicari, namun memilah hasil pencarian yang relevan dengan kebutuhan tentu bisa menjadi masalah yang memusingkan bagi Anda.

Untuk mengulas lebih dalam mengenai tips-tips efektif mendapatkan informasi melalui mesin pencari Google:

1.Gunakan kata kunci yang lebih spesifik

Salah satu kelalaian yang sering dibuat ketika melakukan pencarian melalui Google adalah menggunakan kata-kata yang terlalu umum. Untuk itu, mulai sekarang jangan lupa untuk selalu menggunakan kata kunci yang lebih spesifik karena Google adalah sebuah mesin yang tidak mungkin bisa memahami kebutuhan informasi yang diinginkan oleh masing-masing orang.

Sebagai contoh ketika Anda sedang mencari informasi tentang konsep LTE, maka jangan lupa untuk mengetikkan kata kunci “LTE concept” di Google. Sebaliknya jika Anda hanya mengetikkan LTE di Google, maka kemungkinan besarhasil yang Anda dapatkan tidak akan sesuai dengan harapan

2. Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi

Jika Anda belum menemukan informasi yang ingin Anda dapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesiifk, mencoba dengan kata kunci yang lebih bervariasi tentu merupakan langkah yang patut untuk dicoba. Bagaimanapun seluruh informasi di internet pada dasarnya berasal dari manusia yang tentu saja diungkapkan dalam beragam cara dan bahasa.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi dalam mencari informasi dari internet. Sebagai contoh ketika Anda mengetikkan kata “LTE concept” dan tidak mendapatkan informasi yang memuaskan, maka mencoba mencari dengan kata kunci “LTE tutorial” tentu bisa Anda lakukan sebagai sebuah alternatif

3. Gunakan kalimat tanya

Selain mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat Anda pakai sebagai alternatif. Sebagai contoh ketika Anda ingin menemukan informasi soal LTE, Anda dapat menggunakan kalimat tanya “apa itu LTE?”.Hasilnya dengan memakai kalimat tanya seperti iniselain lebih relevan, pertanyaan anda juga dapat langsung terjawab bukan !?

4. "tanda kutip" sakti Google

Bila suatu saat Anda menggunakan Google untuk mencari informasi tentang ponsel dengan fitur DLNA dengan mengetikkan “DLNA enabled phone” hasil yang Anda dapatkan belum tentu berkaitan dengan merek dan model ponsel yang telah mendukung konektivitas DLNA.

Nah agar hasil pencarian yang Anda inginkan lebih relevan, gunakan saja salah satu trik google yaitu tanda kutip menjadi “DLNA Enabled Phone”. Dengan cara seperti ini, Google akan menghapus hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari

5. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)

Bukan hanya di aritmatika ada penjumlahan dan pengurangan . Google juga bisa kok. tentu saja fungsinya juga sama. Rahasia Google ini sangat jarang padahal sudah jelas-jelas ditulis di bagian HELP.

Tanda (+)
untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan “kematian tokoh manga” (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja . Maka cukup anda tulis di “kematian tokoh manga” +naruto. Hasilnya selain mencari keyword “kematian tokoh manga” google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword “naruto”.

Tanda (-)
Tentu saja digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian.Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dsb.

Coba anda bayangkan kita akan mencari soal psikotes. tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda - untuk menghilangkan iklan. Menjadi “soal psikotes” -iklan.

Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com contohnya “soal psikotes”

6. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)

Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:”tipe “.
Misalnya ingin mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, Ya tinggal ketikkan saja “soal psikotes”. Untuk melihat apa saja kode file yang didukung google bisa dilihat di google advanced

7. Ada Banyak Jalan menuju Roma

Google memang boleh dikata penguasa dalam penyedia dan alat mencari informasi di internet. Tapi masih banyak media lain yang dapat memberikan informasi. katakanlah yahoo, wikepedia, youtube, ask dsb. Anda bisa menggunakan 7 mesin pencari informasi di internet secara bersamaan dan mendapatkan hasil pencarian yang lebih banyak dan relevan

0 Response to "Tips Mencari/Searching dengan Benar di Google Search"

Post a Comment

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan jejak setelah membaca