Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Assalamualikum... Pada kesempatan kali ini akan berbagi tips seputar komputer. Tips kali ini adalah berhubungan dengan USB lebih tepatnya adalah Cara Memperbaiki USB Device Not Recognized.

USB Device Not Recognized, itulah pesan error yang anda dapatkan setiap kali anda memasang USB ke Komputer anda semisal USB Mouse, Flashdisk atau Perangkat USB Lainnya,  Biasanya setiap komputer memiliki banyak port USB  dan banyak digunakan untuk Flashdisk, USB Mouse, USB Keyboard, Kamera Digital, Handphone, Printer dan masih banyak lagi, dan secara tidak sadar semua device tersebut terpasang bersamaan dalam satu komputer.

Namun, beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan disalah satu komputer yaitu Komputer tersebut tidak mengenali perangkat USB yang saya pasangkan ke komputer tesebut, Hal yang sangat aneh karena USB Port tidak rusak dan semua perangkat semisal Printer, Mouse dan Lainnya masih bisa digunakan dengan baik.

USB Device Not Recognized, “One of the USB devices attached to this computer has malfunctioned, and Windows does not recognize it. For assistance in solving this problem, click this message”. 

Itulah pesan error setiap kali saya memasangkan USB di komputer tersebut, sebuah perangkat USB tidak dikenali di komputer. USB Device Not Recognized bisa disebabkan antara lain karena beberapa kesalahan yaitu sebagai berikut :

  • Host Controller Hardware.
  • USB Device bermasalah.
  • Versi Driver USB. (USB 2.0 dan 3.0).
  • Kabel Data USB bermasalah.

Berikut Adalah Cara Memperbaiki USB Device Not Recognized :

  1. Restart Komputer : Shutdown Komputer , dengan menggunakan Shutdown dari Windows atau dengan menekan tombol power tetapi jangan cabut aliran listrik ke komputer (Untuk Laptop Jangan Lepas Batterai pada Laptop anda). Biarkan selama satu menit kemudian kembali nyalakan komputer anda. Motherboard adalah tempat semua Hardware pada Komputer anda terpasang, Motherboard perlu Reboot / Restart karena beberapa kesalahan seperti Port USB anda bermasalah. Karena Microprocessor pada motherboard akan me-reload driver dan Port USB anda  dan kembali mengenali Perangkat USB anda.
  2. Device Manager : Klik Start , Klik Run, Kemudian tulis devmgmt.msc lalu klik OK, kemudian device manager akan terbuka. Klik  Universal Serial Bus Controllers kemudian akan muncul USB Enhanced Host Controller, Klik Kanan Lalu Uninstall. Setelah selesai uninstall USB Enhanced Host Controller, makalah restart-lah komputer anda dan secara otomatis  windows akan mendeteksi perangkat USB anda.
  3. Kabel  DATA USB : Kemungkinan kabel data USB anda bermasalah, ini seringkali terjadi ketika anda memasang handphone ke komputer menggunakan kabel USB. Gantilah kabel USB tersebut dengan yang lain.
  4. MENGGUNAKAN System Restore : Apabila System Restore di komputer aktif, kita bisa mengembalikan setting dan konfigurasi sistem komputer ke waktu atau keadaan sebelum USB tidak terdeteksi. Perlu di ingat bahwa dengan sistem restore, maka program atau aplikasi yang ada setelah waktu/tanggal Restore akan hilang (tergantung setting drive mana yang di monitor). System Restore bisa diakses melalui menu Start ⇨ All Programs ⇨ Accessories ⇨ System Tools ⇨ System Restore.
  5. Cara Terakhir yang dapat Anda lakukan jika seluruh cara diatas tidak dapat menangani masalah Anda adalah dengan melakukan install ulang. Di jamin semua masalah yang ada pada komputer Anda tertanganis semua.
Sekian artikel kali ini dari saya yang berjudul Cara Mengatasi USB Device Not Recognized. Semoga tutorial diatas bisa berhasil oleh anda dan bisa bermanfaat untuk kita semua. 

4 Responses to "Cara Mengatasi USB Device Not Recognized"

  1. thanks, gan infonya,
    klau mengatasi memory yang ditancapkan itu terdeteksi lalu terputus dan nyambung lagi lalu trptus lagi. trus bgitu..? gmana gan .? please....

    ReplyDelete
    Replies
    1. memory apa dulu gan...? usb flashdisk ? :-?

      Delete
  2. memory mp3 playerku gan dulu gak pernah saya lihat dikomputer lama banget, trus saya colokan dikomputer kok bgitu.. gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 kemungkinan gan... port usb komputer/laptop agan bermasalah atau memorynya yg udah agak soak... coba agan pindah keport usb yang lain..

      Delete

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan jejak setelah membaca